Sosialisasi Komoditas Ekspor, Syaharuddin Alrif Ajak Petani Selayar Tanam Porang

oleh -

Selayar – Petani Porang Sulsel, Syaharuddin Alrif bersama Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Indah Megawati menghadiri sosialisasi budidaya porang dan KUR Tani di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (Jumat 9/10/2020).

Turut hadir dalam sosialisasi ini Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulsel Ady Anshar, Pihak Perbankan, serta Kelompok Tani Selayar

Syaharuddin Alrif yang mendapat penghargaan petani Porang Inspiratif menyampaikan bahwa dirinya pengagas tanaman komoditas ekspor porang dan pengagas pembiayaan porang Sulsel. Hal ini dilakukan karena ingin melihat masyarakat Sulsel bisa lebih sejahtera.

“Beberapa waktu yang lalu beberapa kelompok tani selayar datang ke perkebunan porang saya di sidrap. Saya janji untuk m berkunjung juga ke selayar, Alhamdulillah Hari ini kita bertemu. Perlu saya sampaikan sebelum jadi Wakil Rakyat di DPRD Sulsel, Saya ini sudah jadi petani di Sidrap, sehingga dunia pertanian tidaklah asing bagi kehidupan saya, berkat jaringan yang ada saya ingin masyarakat Sulsel bisa kaya melalui penanaman komoditas ekspor seperti porang ini,” jelas Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Syahar yang juga Sekretaris DPW NasDem Sulsel menyampaikan bahwa sebelum dirinya mengajak orang lain, dirinya dulu yang melakukan penanaman porang di Sidrap. Kurang lebih 50 Ha telah ditanami porang.

“Gaya saya memang seperti itu, saya dulu melakukan baru mengajak orang lain, kalau hanya untuk saya pribadi, untuk apa juga saya berkeliling mengajak masyarakat untuk bersama-sama berhasil. Tapi saya ini wakil rakyat artinya masyarakat Sulsel tanggungjawab saya, Diselayar ini porang telah dibudidayakan juga, ada kaka Ady Anshar yang menggerakkan diselayar, hari ini kita melakukan MoU kerjasama budidaya porang,” jelas suami Hj. Haslinda Hasan ini.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Penandatangan Kerjasama PT.Alfatih Porang Indonesia dengan Kementerian Pertanian untuk memberikan akses KUR kepada petani porang selayar (MoU) (*)